Minggu, 17 Juni 2012

Contoh RPP SBK Kelas 5 SD semester 1





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 1
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :        
1.1 menjelaskan makna motif hias

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III.  Materi Ajar
Makna motif hias

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·         Buku paket SBK standar isi 2006
·         Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·         Model karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
·         mengelompokkan berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara?

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 2
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
Jenis motif hias. Bentuk objek

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Model karya seni rupa tiga dimensi
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian
         
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         mengidentifikasi jenis motif hias.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis motif hias

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 3
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
1. Mengapresiasi  karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat kabar, kain, lukisan, dll.
·   Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk membuat motif-motif yang baru.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Sikap apresiasi

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         siswa dapat membuat motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.
Praktek
Praktek
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 4
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
·   Mempelajari contoh-contoh motif hias.
·   Membuat motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa.
·         Membuat gambar dekoratif dengan cara menggabungkan beberapa motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian
         
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar dekoratif dengan motif hias nusantara




FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 5
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mendengarkan cerita guru tentang ciptaan Tuhan.
·   Mengamati gambar binatang.
·   tanya jawab tentang binatang.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai hewan dan kehidupannya Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.






FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                    :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 6
Alokasi Waktu                   : 4 x 35 Menit

SENI RUPA
Standar  Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

I.     Kompetensi Dasar :
2.3 Membuat motif hias dasar jumputan kain.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengenal celup ikat.
·   Membuat tisu celup ikat.
·   Membuat kain celup ikat.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Motif hias

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  ekspositori (menerangkan)
         3.  tanya jawab
         4.  latihan

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai Motif hias Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat motif hias dasar jumputan kain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·   Model karya seni rupa tiga dimensi
·   Gambar atau foto


VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.
·         Membuat tulisan berbagai jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik celup ikat.
Praktek
Praktek
Buat kan kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 7
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
3.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah         Nusantara.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VIII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan macam-macam musik daerah
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 8
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
3.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
3.2 Menjelaskan makna ansambel sejenis. dengan iringan di depan penonton.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana cara memainkan ansambel sejenis
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 9
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
3.  Mengapresiasi karya  seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
3.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap berbagai     musik / lagu daerah Nusantara.

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mempertunjukkan permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
·      menggunakan alat musik ritmis yang disediakan, siswa dapat memainkan / mengiringi sebuah lagu
·      permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 10-11
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI MUSIK
Standar  Kompetensi
4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik

I.    Kompetensi Dasar :
4.1. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis
4.2. Mengadakan pementasan perpa duan musik, tari dan bahasa

II. Tujuan Pembelajaran**
·   Memainkan alat musik pianikadan alat musik ritmis. Dengan lagu berjudul Kulihat Ibu pertiwi

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
·   Memainkan ansambel sejenis.
~ Alat musik melodis.

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  demontrasi (peragaan)

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Inti
1.  Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
3.   Memainkan ansambel
2.  Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Akhir
      1.  Memberikan tugas menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
      2.  Menutup pelajaran

VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mendengarkan penjelasan guru Mengenai ansambel sejenis
·      Dengan bimbingan guru, memainkan alat musik pianikadan alat musik ritmis. Dengan lagu berjudul Kulihat Ibu pertiwi
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·      Sebutkan cara memainkan ansambel sejenis, dengan menggunakan alat musik melodi
·      Bagaimana cara perpa duan musik, tari dan bahasa

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1




 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 12
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
5.1 Mengidentifikasi gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Tari Bertema

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  tanya jawab

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah Jawa Barat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengeksposisi tentang tentang gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       CD Film dokumenter
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
·   Mengidentifikasi gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
·   Menyebutkan kelengkapan tari daerah Jawa Barat
·   Membedakan bentuk gerak tari daerah Jawa Barat

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan gerak, busana, dan perlengkapanseni tari Nusan tara daerah lain.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 13
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit


SENI TARI
Standar  Kompetensi:
                                5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Apresiasi Tari

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  tanya jawab

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang keistimewaan dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah lain
F Mengeksposisi tentang keistimewaan dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan  seni tari daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       CD Film dokumenter
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengidentifikasi keistimewahan  dan keunikan karya seni tari daerah lain
·   Mengapresiasi keunikan dan keistimewahan gerak, busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·   Bagaimana sikap apresiatif terhadap keuni kan gerak, busana, dan per lengkapan karya seni tari Nusan tara daerah lain.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 14
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

SENI TARI
Standar  Kompetensi
5. Mengapresiasi karya seni tari

I.    Kompetensi Dasar :
5.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        Apresiasi Tari

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  tanya jawab

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi tentang tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       CD Film dokumenter
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengamati gambar, foto atau film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1







 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 15
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
7. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :
7.1  Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat

II.   Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan karya kerajinan makrame

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Melakukan pengamatan jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F Mengeksposisi tentang tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Model karya seni rupa tiga dimensi
d.      Gambar atau foto
VII.  Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Siswa dapat menguraikan prinsip komposisi,    proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber-    bagai benda hias
·      Siswa dapat mengelom-    pokkan benda hias sesuai prinsip komposisi,     irama, dan kesatuan
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·      Jelaskan prinsip komposisi,    proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber-    bagai benda hias
·      Jelaskan benda hias sesuai prinsip komposisi,     irama, dan kesatuan

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Nama Sekolah                   :  ..............................
Mata Pelajaran                  : Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester                   : V/ I
Pertemuan Ke                    : 15
Alokasi Waktu                   : 2 x 35 Menit

KETERAMPILAN
Standar  Kompetensi
7. Mengapresiasi Karya Kerajinan

I.    Kompetensi Dasar :
7.2  Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat

II. Tujuan Pembelajaran**
a.       Memilih benda pakai bahan alam  bertekstur yang sesuai daerah setempat.
b.      Memilih benda  pakai bahan buatan  bertekstur yang  sesuai daerah setempat.
c.       Merancang model  benda.
d.      Membuat model benda.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

III.  Materi Ajar
        perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat

IV.   Metoda Pembelajaran
         1.  apersepsi (pengamatan)
         2.  deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
         3.  ekspositori (menerangkan)
         4.  diskusi

V.  Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
1.  Melakukan pengamatan  perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F Mengeksposisi tentang tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran

VI.  Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.       Buku paket SBK standar isi 2006
b.      Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.       Model karya seni rupa tiga dimensi
d.      Gambar atau foto

VII.  Penilaian          
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Siswa dapat merancang     benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·       Siswa dapat membuat benda kerajinan dengan    teknik merangkai.
·      Siswa dapat mengelom-   pokkan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari    teknik merangkai.

Praktik
Praktik
·      Rancangkan     benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·      Buat kan benda kerajinan dengan    teknik merangkai
·      Buat kan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari    teknik merangkai.



 FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1






 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






  
CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                      Guru Mapel SBK


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :



READ MORE - Contoh RPP SBK Kelas 5 SD semester 1