RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran :
Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I.
Kompetensi Dasar :
1.1 menjelaskan makna motif hias
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa
Barat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Makna motif hias
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada
karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
·
Buku paket SBK standar isi 2006
·
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·
Model karya seni rupa tiga dimensi
·
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis
objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
·
mengelompokkan berbagai jenis objek, tema,
dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
|
Tes
tulis
|
Jawab Singkat
|
Sebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan
symbol dalam karya seni rupa nusantara?
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
2
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
1.2 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah
setempat.
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa daerah Jawa
Barat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Jenis motif hias. Bentuk objek
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengenal berbagai jenis motif hias pada
karya seni rupa daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
mengidentifikasi jenis motif hias.
|
Tes
tulis
|
Unjuk kerja
|
Jelaskan
jenis motif hias
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
3
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
1. Mengapresiasi karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
1.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mengenal berbagai jenis motif
hias pada karya seni rupa daerah Jawa Barat
· Mengenal beberapa motif hias pada buku, majalah, surat
kabar, kain, lukisan, dll.
· Mengenal beberapa motif yang ada sebagai model untuk
membuat motif-motif yang baru.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
·
Sikap apresiasi
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah
setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
siswa dapat membuat motif baru berdasarkan
motif-motif daerah yang ada.
|
Praktek
|
Praktek
|
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang
ada.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
4
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mengenal berbagai jenis motif hias pada
karya seni rupa daerah Jawa Barat
· Mempelajari contoh-contoh motif hias.
· Membuat motif dasar sesuai dengan
kreatifitas siswa.
·
Membuat
gambar dekoratif dengan cara menggabungkan beberapa motif dasar sesuai dengan
kreatifitas siswa
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar
dekoratif dengan motif hias nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis motif hias daerah
Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis motif hias daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman motif hias daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membuat gambar dekoratif
dengan motif hias nusantara.
|
Praktek
|
Praktek
|
Buat kan gambar dekoratif dengan
motif hias nusantara
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
5
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
2. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
2.2 Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan
kehidupannya.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mendengarkan cerita guru tentang ciptaan
Tuhan.
· Mengamati gambar binatang.
·
tanya
jawab tentang binatang.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai hewan
dan kehidupannya Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengekspresikan diri melalui gambar
ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengidentifikasi jenis hewan dan
kehidupannya daerah Jawa Barat
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis hewan dan kehidupannya daerah Jawa Barat
F Mengeksposisi keragaman hewan dan
kehidupannya daerah Jawa Barat
F Tanya jawab
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
membuat gambar
ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
|
Praktek
|
Praktek
|
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema hewan dan
kehidupannya.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
6
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit
SENI RUPA
Standar Kompetensi
2. Mengekspresikan diri
melalui karya seni rupa
I. Kompetensi Dasar :
2.3 Membuat motif hias dasar jumputan kain.
II. Tujuan Pembelajaran**
·
Mengenal celup ikat.
·
Membuat tisu celup ikat.
·
Membuat kain celup ikat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Motif
hias
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar/foto/model berbagai Motif hias Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membuat
motif hias dasar jumputan kain
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku paket SBK standar isi 2006
· Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif,
Grafindo
· Model karya seni rupa tiga dimensi
· Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Membuat
kumpulan tentang
berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup
ikat.
·
Membuat tulisan berbagai
jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik celup ikat.
|
Praktek
|
Praktek
|
Buat
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
7
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
3.1 Mengidentifikasi berbagai ragam lagu
daerah Nusantara.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah
Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah
Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib
dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah
Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu
wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VIII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengapresiasi beberapa
musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
|
Tes
lisan dan tulisan
|
Isian
dan uraian
|
Sebutkan
macam-macam musik daerah
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua
benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
8
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
3.2 Menjelaskan makna ansambel sejenis.
dengan iringan di depan penonton.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah
Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah
Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib
dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah
Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu
wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Mengapresiasi
beberapa musik/lagu wajib dan
daerah Nusantara
|
Tes
lisan dan tulisan
|
Isian
dan uraian
|
Bagaimana
cara memainkan ansambel sejenis
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
9
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
3. Mengapresiasi karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
3.3 Menampilkan
sikap apresiatif terhadap berbagai musik
/ lagu daerah Nusantara.
II. Tujuan Pembelajaran**
· Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah
Nusantara
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
· Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah
Nusantara
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengapreasiasi beberap musik/lagu wajib
dan daerah Nusantara
F Menyanyikan beberapa lagu wajib dan daerah
Nusantara
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan tugas menghapal beberapa lagu
wajib dan daerah Nusantara
F Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mempertunjukkan
permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
·
menggunakan
alat musik ritmis yang disediakan, siswa dapat memainkan / mengiringi sebuah
lagu
·
permainan
alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
|
Tes
lisan dan tulisan
|
Isian
dan uraian
|
Sebutkan
lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
10-11
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI MUSIK
Standar Kompetensi
4. Mengekspresikan diri
melalui karya seni musik
I. Kompetensi Dasar :
4.1. Memainkan
alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis
4.2. Mengadakan pementasan perpa duan musik, tari dan
bahasa
II. Tujuan Pembelajaran**
·
Memainkan alat musik pianikadan alat musik
ritmis. Dengan lagu berjudul Kulihat Ibu pertiwi
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
·
Memainkan ansambel sejenis.
~ Alat musik melodis.
IV. Metoda Pembelajaran
1.
apersepsi (pengamatan)
2. demontrasi (peragaan)
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Mengenal beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan
Inti
1. Mengapreasiasi
beberap musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
3. Memainkan ansambel
2. Menyanyikan
beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
Kegiatan Akhir
1. Memberikan tugas
menghapal beberapa lagu wajib dan daerah Nusantara
2. Menutup pelajaran
VI.
Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mendengarkan
penjelasan guru Mengenai ansambel sejenis
·
Dengan
bimbingan guru, memainkan alat musik pianikadan alat musik ritmis. Dengan
lagu berjudul Kulihat Ibu pertiwi
|
Tes
lisan dan tulisan
|
Isian
dan uraian
|
·
Sebutkan
cara memainkan ansambel sejenis, dengan menggunakan alat musik melodi
·
Bagaimana
cara perpa duan musik, tari dan bahasa
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
12
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
5.
Mengapresiasi karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
5.1 Mengidentifikasi gerak, busana,
dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Tari Bertema
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang gerak, busana dan
perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan
deduktif-deskriptif tentang gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengeksposisi tentang tentang gerak,
busana dan perlengkapan seni tari daerah
Jawa Barat
F Tanya jawab
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
CD Film dokumenter
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati
gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni
tari daerah Jawa Barat
·
Mengidentifikasi
gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
·
Menyebutkan
kelengkapan tari daerah Jawa Barat
·
Membedakan
bentuk gerak tari daerah Jawa Barat
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Sebutkan gerak, busana, dan perlengkapanseni tari Nusan
tara daerah lain.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
13
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi:
5. Mengapresiasi karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
5.2 Menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara
daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi keunikan gerak, busana, dan
perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi Tari
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang gerak, busana dan
perlengkapan seni tari daerah lain
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang keistimewaan dan keunikan gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah lain
F Mengeksposisi tentang keistimewaan dan
keunikan gerak, busana dan perlengkapan
seni tari daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
CD Film dokumenter
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati
gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni
tari Nusantara daerah lain
·
Mengidentifikasi
keistimewahan dan keunikan karya seni
tari daerah lain
·
Mengapresiasi
keunikan dan keistimewahan gerak, busana dan perlengkapan seni tari Nusantara
daerah lain
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
· Bagaimana
sikap apresiatif terhadap
keuni kan gerak, busana, dan per lengkapan karya seni tari Nusan tara daerah
lain.
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
14
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
SENI TARI
Standar Kompetensi
5. Mengapresiasi
karya seni tari
I. Kompetensi Dasar :
5.3 Menampilkan sikap apresiatif
terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
II. Tujuan Pembelajaran**
Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam
karya seni tari Nusantara daerah lain
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
Apresiasi Tari
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. tanya jawab
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
Melakukan pengamatan gambar, foto dan film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F Mengeksposisi tentang tentang simbol yang
terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
CD Film dokumenter
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Mengamati
gambar, foto atau film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari
Nusantara daerah lain
·
Mengidentifikasi
simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·
Mengapresiasi
simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
|
Tes lisan dan tulisan
|
Isian dan uraian
|
Bagaimana sikap apresiatif terhadap simbol yang
terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
15
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
7. Mengapresiasi Karya Kerajinan
I. Kompetensi Dasar :
7.1
Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
II. Tujuan Pembelajaran**
Menjelaskan kesesuaian fungsi, kekuatan, dan keindahan
karya kerajinan makrame
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
1. Melakukan pengamatan jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F Mengeksposisi tentang tentang jenis karya
kerajinan Nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Siswa
dapat menguraikan prinsip komposisi,
proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber- bagai benda hias
·
Siswa
dapat mengelom- pokkan benda hias
sesuai prinsip komposisi, irama,
dan kesatuan
|
Tes
lisan dan tulisan
|
Isian
dan uraian
|
·
Jelaskan
prinsip komposisi, proporsi, dan
keseimbangan dalam dari ber- bagai
benda hias
·
Jelaskan
benda hias sesuai prinsip komposisi,
irama, dan kesatuan
|
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Nama
Sekolah : ..............................
Mata
Pelajaran : Seni Budaya
Dan Keterampilan
Kelas/Semester :
V/ I
Pertemuan Ke :
15
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit
KETERAMPILAN
Standar Kompetensi
7. Mengapresiasi Karya Kerajinan
I. Kompetensi Dasar :
7.2 Menampilkan perilaku apresiatif
terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
II. Tujuan Pembelajaran**
a.
Memilih benda pakai bahan alam bertekstur yang sesuai daerah setempat.
b.
Memilih benda pakai
bahan buatan bertekstur yang sesuai daerah setempat.
c.
Merancang model
benda.
d.
Membuat model benda.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab
( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
III. Materi Ajar
perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan
Nusantara daerah setempat
IV. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi (pengamatan)
2. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
3. ekspositori (menerangkan)
4. diskusi
V. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
awal
1. Melakukan
pengamatan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan catatan deduktif-deskriptif
tentang jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
F Mengeksposisi tentang tentang jenis karya
kerajinan Nusantara daerah setempat
F memfasilitasi terjadinya interaksi
antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan
sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif
dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan
percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan
kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan
rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru
F Memberikan latihan soal
F Memberikan soal Pekerjaan Rumah
F Menutup pelajaran
VI. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
a.
Buku paket SBK standar isi 2006
b.
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
c.
Model karya seni rupa tiga dimensi
d.
Gambar atau foto
VII. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
·
Siswa
dapat merancang benda kerajinan
dengan teknik merangkai.
·
Siswa dapat membuat benda kerajinan
dengan teknik merangkai.
·
Siswa
dapat mengelom- pokkan benda pakai /
hias berdasarkan prinsip komposisi
bentuk dari teknik merangkai.
|
Praktik
|
Praktik
|
·
Rancangkan benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·
Buat
kan benda kerajinan dengan teknik
merangkai
·
Buat
kan benda pakai / hias berdasarkan prinsip
komposisi bentuk dari teknik
merangkai.
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Praktek
Sikap
|
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mapel SBK
.................................. ..................................
NIP : NIP
: